img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Kebanyakan orang mempercayai bahwa wanita akan mengalami kenaikan berat badan karena rajin bercinta. Kebanyakan penumpukan lemak akan tertimbun pada payudara dan pinggul. Munculnya anggapan ini disebabkan karena kebanyakan wanita mengalami pertambahan berat badan setelah menikah.

“Ini adalah mitos. Tidak ada alasan mengapa payudara atau pinggul harus membesar atau rusak setelah wanita mulai melakukan hubungan seks. Ejakulasi air mani tidak bisa dicerna dan tidak tercampur dalam aliran darah. Lagipula, 2-3 ml air mani pada rata-rata ejakulasi hanya mengandung sekitar 15 kalori,” kata Dr Asha Jain, dokter kandungan di Raipur, India.

Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa kebanyakan orang mengalami pertambahan berat badan setelah menikah. Tetapi penelitian yang belum dikonfirmasi ini menjelaskan bahwa kecenderungan tersebut terjadi baik pada wanita maupun pria. Dan kenaikan berat badan tidak ada hubungannya dengan berhubungan seks pada kedeua jenis kelamin.

“Seringkali, kenyamanan dalam suatu hubungan dan rasa aman lah yang membuat orang bertambah berat badannya. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sedang berkomitmen dalam suatu hubungan cenderung makan lebih banyak daripada orang lajang,” imbuh Dr Asha Jain seperti dilansir Times of India, Jumat (17/2/2012).

Sebuah penelitian tahun 2011 yang dilakukan ilmuwan dari Ohio State University memang pernah menemukan bahwa wanita cenderung bertambah gemuk setelah menikah. Alasannya adalah karena wanita yang sudah menikah disibukkan dengan aktifitas rumah tangga sehingga tak punya cukup waktu untuk berolahraga dan menjaga kebugaran kebugaran dibanding wanita yang belum menikah.

Faktor lain yang turut mempengaruhi berat badan pada wanita adalah kehamilan, kemiskinan, kondisi sosial ekonomi serta pendidikannya, namun tidak ada kaitannya dengan hubungan seksual. Jika ingin menghindari kenaikan berat badan setelah menikah, berolahragalah secara teratur dan menjaga pola makan tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s